Exploring Daily Activities Using Bitmoji

GMD : Text
Dimensi : Buku
ISBN / ISSN : 0
Tahun Publikasi : 2024
Penerbit : Kementerian Agama
Bahasa : Default

Pembelajaran Bahasa Inggris di era digital membutuhkan inovasi yang mampu menarik minat siswa dan relevan dengan perkembangan teknologi. Salah satu pendekatan kreatif yang dapat diterapkan adalah menggunakan *Bitmoji*, sebuah aplikasi yang memungkinkan siswa menciptakan avatar digital untuk mendukung proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan Bitmoji dalam pembelajaran Bahasa Inggris tingkat SMP/MTs, dengan fokus pada peningkatan pemahaman kosakata, keterampilan menulis, dan kemampuan berbicara siswa. Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini melibatkan tiga tahap utama: pengenalan kosakata melalui visualisasi Bitmoji, pembuatan cerita sederhana dengan ilustrasi digital, serta presentasi hasil karya siswa untuk melatih keterampilan berbicara. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa lebih antusias dan termotivasi dalam belajar Bahasa Inggris, terutama karena media Bitmoji yang interaktif dan menyenangkan. Selain itu, siswa juga lebih percaya diri dalam menggunakan Bahasa Inggris secara lisan maupun tulisan. Dengan integrasi teknologi seperti Bitmoji, pembelajaran Bahasa Inggris tidak hanya menjadi lebih menarik, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan meningkatkan kompetensi abad ke-21 siswa. Kegiatan ini dapat menjadi model pembelajaran kreatif yang relevan dan efektif di era digital, khususnya untuk mendukung proses belajar-mengajar yang berbasis teknologi. Kata Kunci: Bahasa Inggris, Bitmoji, pembelajaran kreatif, teknologi pendidikan, SMP/MTs.

Related Product